Kinect for Xbox 360 atau biasanya Kinect (Dulunya di ketahui oleh Project Natal), adalah “controller-free gaming dan pengalaman hiburan” oleh Microsoft dan Xbox 360 video game platform, dan mungkin digunakan untuk Windows 8. Kinect akan bersaing dengan Wii Remote dengan Wii MotionPlus dan PlayStation Move dengan PlayStation Eye gerak sistem kontrol untuk Wii dan PlayStation 3 konsol rumah masing-masing.

Kinect-Xbox-360-Microsoft-2

Kinect di luncurkan di Amerika Utara pada tanggal 4 November 2010, di Eropa pada tanggal 10 November 2010,di Australia, New Zealand dan Singapura pada tanggal 18 November 2010 dan di Jepang pada tanggal 22 November 2010. Pembelian opsi untuk sensor perifer termasuk bundel dengan permainan Kinect Adventures dan konsol bundel dengan baik 4 GB atau 250 GB konsol Xbox 360 dan Kinect Adventures.Dalam tanggal 29 November 2010 Kinect telah terjual sebanyak 2,5 juta.

Berbicara mengenai sejarah perkembangan Kinect Xbox artinya berbicara pula tentang sejarah perkembangan Xbox sendiri. Konsol game ini dimulai dari sebuah perusahaan PC dan merek yang paling terkenal, Microsoft, memutuskan untuk mencoba peruntungannya di dunia konsol game yang telah dikuasai Sony PlayStation dan Nintendo yang sudah menguasai pasar selama bertahun-tahun.

Dan pada Game Developers Conference (GDC) di tahun 2000, Microsoft sudah cukup untuk menunjukkan kepada dunia bahwa perusahaan ini pantas diperhitungkan di dunia game, dan kehadiran Bill Gates diatas panggung telah menghapus keraguan para pengembang akan mesin game dari Microsoft ini.

Xbox Pertama

Sebuah desain dari kota Chrome dengan logo X dibagian atasnya adalah desain prototype yang berhasil menangkap banyak perhatian, dan ini tidak benar-benar diwujudkan, karena tubunnya yang besar dan tidak pernah mungkin muat untuk diletakkan di bawah televise kebanyakan orang.

Setelahnya, desain final dari E3 sudah siap untuk diluncurkan. Perangkat ini diberi nama DirectX Box untuk waktu yang lama. Beberapa waktu sebelum peluncurkan nama ini masih dipakai, samapai akhirnya nama dari perangkat ini disingkat menjadi Xbox, dan nama ini tidak bisa dihindarkan lagi. Maka disitulah Xbox lahir.

Microsoft telah menjalin kontrak eksekutif dengan pengembang Bungie menjelang peluncuran Xbox, tetapi meskipun Halo ditunjukkan di E3, damapak dari Master Chief beserta karakter lainnya bukalan sesuatu yang sudah dapat diprediksi di hari-hari ketika Oddworld: Munch’s Oddysee dan Project Gotham Racing telah dianggap sebagai game dengan judul premium.

Dengan peluncurannya di AS pada bulan Novemver 2001, Xbox menjadi salah satu konsol yang paling diperhitungkan dan selama beberapa bulan dan tahun ke depan, game konsol ini berhasil menjatuhkan pasar game konsol le mah lainnya. Dan Xbox telah berhasil menangkap banyak perhatian dan bisa dibilang menuai kesuksesan pertamanya.

Halo original adalah hit besar pada saat itu, namun Halo 2 yang paling baik sebagai permainan yang paling baik sebagai media untuk bermain secara multiplayer. Xbox Live Service menyediakan platform yang sangat populer pada saat itu, dan menjadi fitur paling utama dari Xbox pada kala itu.

Xbox 360

Pada saat tahun 2005 tiba, penerus dari Xbox pun tiba, dan berpotensi menjadi pesaing yang paling berat bagi PlayStation. Sony tengah memperkenalkan PlayStation 3, tapi ambisi Microsoft pun juga sedang tinggi untuk merk gamenya, dan perusahaan pun memperkenalkan 360 sebagai penerus dari Xbox generasi pertama atau original.

Kali ini pendekatan berbeda. Xbox sekarang dipandang sebagai konsol utama dengan dukungan besar dari para pengembang dan tentu saja, Microsoft.

Xbox 360 diluncurkan dengan serangkaian kampanye viral marketing, OurColony, Origen Xbox 360 dan Hex168 semua yang membantu untuk memperkenalkan Xbox 360 bahkan melalui acara program MTV dan berdekatan dengan rilis PlayStation 3.

Dibangun menggunakan grafis ATI dan prosesor PowerPC, Xbox 360 tidak hadir dengan tanpa masalah awal, justru masalah awal yang dibawa Xbox 360 ini membuat Microsoft harus berusaha keras untuk memperbaiki masalah perangkat keras.xbox-360-kinect

Kinect

Sebagai gamer hardcore yang menilmati masa emas game canggih saat ini yang dimulai dengan Nintendo Wii yang membawa cara bermain yang berbeda. Dan pada tahun 2010 Microsoft menjawab tantangan dari Nintendo Wii ini dengan melepaskan motion controller sendiri yang bernama Kinect.

Konsep, yang dimulai sebagai “Project Natal”, diperkenalkan di E3 pada musim panas 2009 dan diumumkan akan tersedia untuk konsumen umum pada November 2010. Ini adalah sukses besar untuk para basis penggemar Microsoft. Microsoft mengatakan pada bulan Februari bahwa sebanyak 24 juta Kinect telah dijual dan ini adalah bagian besar dari perencanaan untuk meneruskan kesuksesan dari Xbox 360.

Xbox One

Desas-desus tentang ‘Xbox 720’ telah beredar selama bertahun-tahun, tetapi pengumuman resmi dari Xbox One dibuat pada tanggal 21 Mei 2013. Konsol mulai dijual pada 22 November 2013, dan berhasil terjual lebih dari 2 juta unit dalam waktu 18 hari pertama dan saat ini Microsoft siap untuk melanjutkan kisah Xbox generasi ke delapan.

Kinect adalah perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan XBOX ONE. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan Kinect untuk menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang alami.

Kinect dibangun dengan menggunakan teknologi sofware yang dikembangkan secara internal oleh Rare, sebuah perusahaan game dibawah Microsoft Game Studios milik Microsoft. Kamera pada kinect dikembangkan oleh pengembang asal Israel yakni PrimeSense, yang mengembangkan sebuah sistem yang mampu mengartikan gerakan secara tepat, yang akhirnya memungkinkan pengaturan tanpa tangan pada perangkat elektronik dengan menggunakan proyektor infrared dan camera dan sebuah microchip untuk mendeteksi gerakan obyek dalam 3 dimensi.

Sensor Kinect terdiri dari sebuah horizontal bar yang terhubung pada kaki kecil dengan sebuah poros yang dilengkapi motor dan didesain memanjang diatas atau dibawah video display. Alat ini memiliki sebuah kamera RGB, sensor kedalaman dan multi-array michrophone yang dilengkapi software, yang mampu menyajikan pengenalan secara 3D pada seluruh tubuh dan juga kemampuan pengenalan suara.

Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared yang dikombinasikan dengan sensor yang menangkap data video dalam bentuk 3D pada kondisi cahaya ambien. Jarak penginderaan dari sensor kedalaman dapat diatur, dan software Kinect secara otomatis mampu melakukan kalibrasi pada sensor berdasarkan gameplay dan lingkungan fisik pemain, mampu mengakomodasi adanya furnitur atau halangan lainnya.

Ada 3 inovasi hargdware yang bekerja bersama-sama di dalam sensor Kinect

  • Color VGA video camera

Camera video ini membantu dalam pengenalan wajah dan fitur deteksi lainnya dengan mendeteksi 3 komponen warna yaitu Red, Green, dan Blue. Microsoft menamakannya “RGB Camera” dengan mengacu pada 3 komponen warna tersebut

  • Depth Sensor

Depth sensor atau sensor kedalaman merupakan sebuah proyektor infrared dan sebuah sensor monochrome CMOS yang bekerja secara bersama-sama untuk “melihat” ruangan atau area dalam bentuk 3D dengan tanpa memperdulikan kondisi cahaya

  • Multi-array michrophones

Merupakan sebuah susunan yang terdiri dari 4 kamera yang dapat mengisolasikan suara dari pemain dengan suara-suara lain(noise) yang ada di ruangan. Hal ini memungkinkan pemain game untuk berada agak jauh dari microphone dan masih dapat menggunakan kontrol suara atau voice control

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kinect

http://portal.paseban.com/news/143421/xbox

http://afriyantono.blogspot.com/2014/10/pengantar-telematika-teknologi-masa.html